Penulisan Syntax Python

Halo sobat otakcoding.com pada artikel kali ini saya coba mengupas materi bagaimana aturan penulisan pada bahasa pemrograman python. Materi ini cukup menarik karena dari beberapa referensi saya baca bahwasanya python termasuk jenis bahasa yang peling mudah dari sisi aturan penulisan.

Syntax adalah aturan-aturan berisikan perintah-perintah yang hanya di mengerti oleh jenis bahasa pemrograman tertentu. Syntax python sama halnya dengan syntax bahasa pemrograman lainnya. Namun syntax python lebih mudah untuk Kita pahami.

Penulisan Syntax Python

Python dikenal dengan bahasa pemrograman yang menggunakan syntax yang palin sederhana. Jauh sekali berbeda dengan jenis pemrograman lain seperti C++, Java, dan lain-lain. Terdapat beberapa aturan penulisan syntax pada bahasa pemrograman python. Aturan ini harus dipatuhi supaya tidak terjadi eror pada saat menjalankan aplikasi.

Menurut Saya ada lima aturan dasar yang harus dipatuhi dalam menggunakan bahasa python. Adapun aturan tersebut adalah sebagai berikut:

Aturan Case Sensitve

Aturan yang pertama yaitu case sensitive, artinya python membedakan antara penulisan menggunakan hufur besa dan kecil. Misalnya string “Nama” dianggap berbeda dengan string “nama”.

Nama = "Halim"
nama = "halim"

Pada contoh diatas ada dua variabel yaitu Nama dan nama. meskipun dalam bahasa kedua kata tersebut adalah sama, namun python menganggap itu berbeda karena aturan python adalah case sensitive.

Aturan Penulisan Statement

Aturan yang kedua yaitu penulisan statement dalam satu baris boleh diakhiri dengan titik koma (;) boleh juga tidak menggunakannya. Nama rekomendasi untuk tidak menggunakan titik koma di akhir statement. contohnya

print("halo");
print("halo")

Contoh ini akan menghasilkan nilai yang sama yaitu “halo”. Meskipun jika diperhatikan satu menggunakan titik koma dan satunya tidak.

Aturan Penulisan String

Aturan yang ketiga yaitu penulisan string yang bisa menggunakan tanda petik satu (‘ ‘), tanda petik dua (” “) dan juga tanda petik tiga (”’ ”’). Namun rekomendasi untuk menggunakan petik satu atau dua saja biar lebih mudah.

print ('halo')
print("halo")
print('''halo''')

Kegita kode ini akan mencetak hasil yang sama. Hal ini karena aturan python dalam penulisan string membolehkan seperti contoh diatas.

Aturan Blok Program

Blok program berisikan sekumpulan statement dalam satu blok. Pada umumnya ditandai dengan statement yang agak masuk kedalam. Tujuannya supaya dapat mudah dipahami bahwa sekumpulan kode tersebut berada dalam satu blok program.

data ='satu'
if data =='satu':
  print("Selamat Datang")

Selain dari contoh diatas bisa juga ada beberapa blok program yang digabung dan berada dalam satu blog. Misalnya saja didalam blok pengecekan juga terdapat perulangan yang diperlukan.

Aturan Penulisan Komentar

Yang terakhir menurut Saya menjadi aturan dalam bahasa pemrograman python adalah aturan penulisan komentar. Yang dimaksud komentar adalah semua informasi yang berada dalam kodingan tetapi tidak dijalankan atau dieksekusi pada saat program dijalankan.

Komentar pada dasarnya digunakan untuk memberikan informasi tentang kodingan dasar. Biasanya banyak programmer yang memberikan penjelasan singkat koding yang digunakan. Ada tiga model penulisan komentar.

  1. menggunakan tanda pagar #
  2. menggunakan tanda petik (‘ ‘) atau (” “)
  3. menggunakan tanda petik tiga (“””)

Berikut contoh penggunaan komentar dalam bahasa pemrograman python

# ini adalah komentar
'komentar petik satu'
"komentar petik dua"
"""
ini adalah komentar 1
ini adalah komentar 2
"""

print("Helo, selamat datang!")

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami